Eka Risky Personal Site

Berbagi Pengetahuan & Pengalaman | Algoritma, Pemrograman, IT, dan Lainnya

By

Analisis Perbandingan Algoritma Selection Sort dengan Merge Sort

Algoritma Selection Sort

Algoritma pengurutan seleksi atau selection sort merupakan kombinasi antara sorting dan searching. Konsep dari atau selection sort yaitu dengan memilih elemen larik yang memiliki nilai paling besar atau paling kecil, lalu menempatkannya pada posisi awal atau akhir elemen larik (array). Lalu elemen terujung pada larik diisolasi. Proses tersebut dilakukan sebanyak n-1 (jumlah elemen larik dikurang 1).

Algoritma Selection Sort

Algoritma Selection Sort

Algoritma pengurutan seleksi atau selection sort dapat menggunakan skema iteratif (perulangan biasa) maupun skema rekursif (perulangan dengan memanggil dirinya sendiri). Namun kali ini kita hanya akan membahas algoritma pengurutan seleksi atau selection sort yang menggunakan skema iteratif.

Algoritma pengurutan seleksi atau selection sort dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Algoritma pengurutan seleksi minimum atau minimum selection sort, yaitu dengan mencari nilai terkecil dari array dan digunakan sebagai pembanding.
  2. Algoritma pengurutan seleksi maksimum atau maximum selection sort, yaitu dengan mencari nilai terbesar dari array dan digunakan sebagai pembanding.

Algoritma Merge Sort

Algoritma merge sort dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengurutan jika data yang diurutkan berjumlah banyak, dan tidak memungkinkan untuk ditampung dalam memori komputer. Cara kerja atau konsep dari algoritma merge sort adalah menggunakan metode rekursif dan teknik divide and conquer.

Berikut ini paper mengenai Analisis Perbandingan Algoritma Selection Sort dengan Merge Sort

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *